pertama-tama siapkan bahan-bahan seperti model karakter dan rintangannya. jika belum punya bisa download >> di sini << atau >>di sono<<
1. buat priject baru dengan unity, disini saya menggunakan unity 5.3.4f1.
3. buat folder baru untuk meletakan script dengan klick kanan >> Create >> folder
4. buka folder script yang sudah di buat dan buat 2 buah script dengan cara yang hampir sama >>create >> C# Script, script 1 beri nama dengan "Bg" untuk menggerakkan backgrounnya, script ke 2 beri nama "Pergerakan" untuk menggerakan charakter. //nama script tidak harus Bg & Pergerakan.
5. Buka script Pergerakan dan ubah seperti berikut
6. dan Script Bg seperti berikut
7. buka folder perfebs kemudian drag & drop object ke dalam scene dan susun seperti berikut
8. tambahkan RigitBody pada charackter myBird seperti di bawah ini :
9. Drag & drop script Pergerakan ke object myBird , lalu ubah seperti pada gambar yang di lingkari di bawah , dan beri tag "Player" dengan memilih Tag yang berada di kotak inspector , lebih tepatnya di bawah tulisan inspector
10. buat object empty baru dengan klick kanan pada kotak hierarchy lalu pilih create empty, lalu rename , disini saya beri nama Scroller . select seluruh object rintangan dan ground lalu drag ke object kosong tadi , centang is Trigger pada mesh collider rintangan
11. centang juga isTrigger pada BoxCollider ground , tambahkan tag baru dengan nama "rintangan" pada kotak inspector.
12. kemudian drag & drop script bg ke object Scroller
13.beri tambahan CharackterController pada object Scroller seperti berikut :
jika sudah bisa coba jalankan dengan klik icon play di atas kotak scene
Untuk Score dan Finish akan saya lanjutkan di nextPost >>
Tidak ada komentar:
Posting Komentar